20140123 Faith in the Buddha‘s Way 學佛當生正信力
Keyakinan ada keyakinan kecil, keyakinan besar, ada yang kuat, ada yang lemah.Apa yang disebut dengan keyakinan lemah(dangkal) itu? dan bagaimana pula dengan keyakinan yang kuat(dalam) itu? Jika kita slalu mengikuti kondisi luar(隨喜結緣), maka kita tidak akan bisa mempunyai keyakinan yg teguh. spt contoh, ketika ada orang mengatakan " kita harus banyak menjalin jodoh baik", lalu ada yg menjawab " ho la (baiklah) saya akan menjalin jodoh baik" karena beranggapan dengan menjalin jodoh baik maka akan mendapatkan buah yang baik(membawa berkah), maka dia pun melakukannya tanpa sesungguhnya memahami bahwa kenapa harus menjalin jodoh baik-結緣, tipe seperti ini disebut "隨喜結緣-Suí xǐ jiéyuán-practice based on external conditions". Tipe manusia spt ini tidak mempunyai keteguhan hati, bkn krn ingin mencari keyakinan dalam ajaran Buddha namun hanya sekedar mencari berkah/pahala. tipe spt ini juga mudah untuk berikrar namun sulit untuk mempertahankan ikrar.
Bagaimana yang disebut dengan Keyakinan Benar - True Faith-正的信心?
Dalam 37 Faktor Pendukung Pencerahan ada 5 akar dan kekuatan . Harus mempunyai 5akar& kekuaran baru bisa mempunyai keuakinan yang teguh. 1. 五力之一:信力信根增長 破諸邪信者Kekuatan keyakinan yang juga merupakan akar keyakinan, keyakinan berkembang/tumbuh dengan sendirinya akan menghilangkan semua keyakinan yang menyimpang. Keyakinan kita tidaklah boleh karena mengharapkan adanya pahala.功德-Gōng dé. 功德是內自修 外 禮讓(merits dan virtues are cultivated inwardly dan practiced outwardly - Pahala itu berarti kedalam melatih diri, keluar bertoleransi--> ga pande translate ke bahasa indo, mohon koreksi.Kita harus mempraktekkan sampai di dalam hati itu ada keteguhan dan mempraktekkan dng tindakan nyata, ini baru dinamakan 功德-Gōng dé. Kita harus menjadi seperti Buddha yang bisa melihat segala sesuatu apa adanya dan bisa menembus kebenaran.Tidak hanya pikiran kita yg terbuka, harus juga memahami kebenaran yg sesungguhnya terhadap segala sesuatu di alam semesta ini, semua ini sangat mengandalkan "keyakinan" terhadap Buddha Dharma. Yakin terhadap apa yang Buddha ajarkan, arah yang dibimbing oleh Buddha dan mengikuti-Nya, oleh sebab itu kekuatan keyakinan bisa menguatkan akar keyakinan kita. Karena mempunyai kekuatan, maka kekuatan itu akan menjadikan kita untuk giat maju. Dengan akar keyakinan yg kuat bisa menghilangkan keyakinan yang menyimpang. Yang paling dikhawatirkan adalah keyakinan yang menyimpang, apa yg dikatakan orang, kita melakukan tanpa memahami itu benar atau salah. jika benar dan salah tidak bisa dibedakan makan keyakinan akan gampang menyimpang.
2. 五力之二:精進力 精進根增長 能破身之懈怠者kekuatan semangat, akar semangat tumbuh akan menghilangkan semua kemalasan. Selain mempunyai keyakinan kita harus lebih semangat untuk giat maju, jadi tidak hanya sekedar mengatakan yakin pada Buddha. keyakinan yg kita miliki apakah sudah mempunyai pengetahuan dan pandangan benar? jika sudah mempunyai pengetahuan dan pandangan benar, maka kita harus lebih giat untuk maju lagi, tidak bole hanya diam di tempat. Jika kita mengaatakan kita yakin, namun kita tidak mau untuk melangkah maju untuk belajar kebenaran ajaran Buddha dan kebijaksanaan Buddha, maka juga tidak ada powernya. oleh sebab itu kita harus giat. Pada dasarnya untuk melangkah langkah pertama memang sulit. namun ketika kita sudah melangkahkan langkah pertama, maka "福慧"-Fu Hui- Berkah dan Kebijaksanaan Buddha(兩足尊) bagaikan dua kaki seorang manusia. Kita tidak peduli seberapa jauh perjalanan yang harus ditempuh, kita tetap saja harus mengambil langkah pertama. Tidak peduli apakah langkah pertama dimulai dengan pintu kebajikan ataupun langkah pertama diawali dengan ajaran Buddha. Memulai dengan ajaran Buddha itu disebut kebijaksanaan. memulai dengan pintu kebajikan disebut menanam berkah. Dalam berjalan ajaran Buddha, kita tidak terlepas dari hal duniawi, kta masih menanam berkah bagi masyarakat,oleh sebab itu berkah dan kebijaksanaan itu harus dijalankan berbarengan. jika akar dari semangat ini bertambah maka akan menghilangkan kemalasan. Orang yang giat tidak takut susah, sedangkan orang malas paling takut susah, taku dingin, panas,takut kondisi badan menanggung beban berat, takut memikul tanggung jawab, Jika kita ingin maju kita harus mengatasi rintangan2 ini. Badan 身 dan 心 pikiran harus benar2 giat maju mengejar(belajar) ajaran Buddha.
3. 五力之三:念力 念根增長 能破諸邪念者 Kekuatan perhatian, akar perhatian tumbuh maka akan bisa menghilangkan semua pikiran yang menyimpang. Pikiran yang menyimpang merupakan rintangan terbesar kita untuk giat maju. oleh sebab itu kita harus menggunakan niat pikiran untuk menghilangkan pikiran menyimpang ini, harus menjaga pikiran dengan baik.
4. 五力之四:定力 定根增長 能破諸亂想者Kekuatan keteguhan pikiran, akar keteguhan pikiran tumbuh berkembang, menghilangkan semua pemikiran yang tidak-tidak. Pikiran senantiasa memikirkan hal2 yang telah lewat, tidak mau melepaskannya, atau masih terus mengingat dendam, keluh kesah dah hal2 yang telah lewa, atau memikirkan hal2 yang akan datang, masa depan atau hal2 yang saya inginkan, dll, mengejar akan datang. jadinya pikiran terhenti pada masa lalu ini disebut discursive thinking 雜念. jika pikiran mengejar pada hal2 akan datang, berangan-angan, pikiran spt ini disebut delusions 妄想。
pikiran kita, 念茲在茲(konsentrasi pada apa yang sedang kita lakukan). Ketika pikiran ada "disini" maka kekuatan pikiran juga harus ada "disini" .Konsentrasi pada saat berinteraksi dengan orang, masalah, objek disekitar kita, pikiran janganlah berkeliaran, ini sangat mengandalkan kekuatan keteguhan pikiran. Harus teguh/konsentrasi pada ajaran Buddha karna ajaran Buddha sangatlah luas dan world transcending teachings. Ketika kita berhadapan dengan sgala sesuatu di dunia ini, kita mesti bisa hidup harmonis dengan yg lainnya. Bagaimana supaya kita bisa harmonis dng yang lainnya, yakni harus menjadi orang yang memahami kebenaran(明理), senantiasa menyelami dharma, membersihkan kekotoran batin kita-ketamakan,kebencian,kebodohan,kesombongan dan keraguan2an). semua kekotoran batin ini ada di dalam diri kita, kita harus senantiasa melakukan usaha untuk membersihkan kekotoran batin kita, membersihkan semua pikiran yang tidak benar, tindakan yang salah, karma buruh dan semua kesalahan kita harus benar2 kita bertobat sepenuhnya. jika kita mempunyai keteguhan pikiran barulah kita bisa tahu kesalahan kita dan bisa tahu bagaimana untuk memperbaiki kesalahan kita. oleh sebab itu keteguhan pikiran ini sangatlah penting.
5. 五力之五:慧力 慧根增長 能破三界諸惑者Kekuatan kebijaksanaan, akar kebijaksanaan tumbuh berkembang, destroy all delusions in the three realms. nanya : 三界three realms--> apa aja ya? gan en Jika hanya mempunyai pengetahuan dan kepintaran saja tidaklah berguna. Jika akar kebijaksanaan tumbuh berkembang, destroy all delusions in the three realms. Ada sebuah cerita, ada seorang laki-laki yang terus mengejar kekayaan. Dia terus merasa kekayaan yang dimilikinya belum cukup.Jadi dia terus berpikir bagaimana supaya dewa kekayaan senantiasa bersamanya, apa yang dilakukannya selalu berhasil dan mendapatkan uang. kemudian ada yang memberitahu padanya bahwa jika ingin hartanya semakin bertambah dan berlimpah, maka harus melakukan sembahyang(berdoa) dengan tulus sehingga kekayaan di dunia ini akan menjadi miliknya. Laki-laki itu berkata" Cepatlah kasi tahu caranya bagaimana saya bisa bertambah kaya". orang itu berkata "ini sangat mudah, asalkan kamu benar2 bersungguh hati, dan menggunakan kayu yg paling bagus serta memberikan persembahan yang terbaik, segeralah berdoa. Kayu tersebut dibakar, api semakin membara maka harta kekayaan juga akan terus berdatangan seperti api yang membara tersebut. setiap malam kamu harus melakukan ritual ini." Maka orang itu membeli kayu2 terbaik sampai mencari ke gunung untuk mendapatkan kayu dengan kualitas yang paling bagus. selama 3 tahun dia melakukan ritual ini, menghabiskan bnayak uang, namun bisnisnya sama sekali tidak ada perubahan yang lebih baik. kemudian ada lagi yang memberitahu bahwa harus lebih tulus memuja matahari dan bulan, supaya kekayaan akan datang siang dan malam. mendengar hal ini merasa ada benarnya, dia kemudian menyiapkan persembahan yang sangat mewah, dan membunuh makhluk hidup untuk dijadikan persembahan. selama 3 tahun dia melakukan hal ini dan bisnisnya semakin memburuk. uang yang telah dihabiskan terlalu banyak. pikiran dan pandangan yang salah yg ingin mengejar kekayaan membuat dia jatuh dalam kemiskinan. saat itu kondisi fisiknya pun sudah tidak terlalu baik. saat itu mendengar banyak orang yang mengatakan ttg Buddha adalah manusia yang tersadarkan , dia kemudian pergi mendengarkan khotbah Buddha. Setiap khotbah Buddha membuat dia merasa kenapa dia tidak pernah mendengar sebelumnya dan tidak pernah tau sebelumnya, pada saat itu dia merenung dalam2. Buddha melihat laki2 tersebut dan memanggilnya " Apakah kamu mempunyai masalah?" mendengar suara Buddha yang lembuh dan keagungan Buddha, laki2 itu menangis sekeras2nya. Dulu dia terus mengejar kekayaan,nama dan kekuasaan, sehingga membuat dia menghabiskan banyak waktu, tenaga dan uang, namun dia benar2 gagal total. Buddha mengatakan walaupun dualu kamu sangat bersungguh hati dengan tulus memohon kekayaan, kamu harus tahu kamu telah menciptakan banyak karma buruk. Persembahan yang kamu persembahkan, membunuh makhluk hidup , serta merusak alam, walaupun persembahan kamu setinggi gunung namun karma buruk yang kamu ciptakan sedalam samudera. Laki-laki ini merasa kenapa dulu dia begitu bodoh.sudah berapa banyak yg telah dibunuh.sudah berapa besar alam yg telah dirusaknya. Dia berinstropeksi diri dan meminta Buddha membabarkan Dharma untuknya. Buddha berkata " Mulai sekarang kamu harus senantiasa ingat untuk berbakti kepada orangtua, membangkitkan niat baik u. berbuat kebajikan, disaat bersamaan, ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan, keraguan didalam hati semua harus dikikis, kamu harus giat, harus yakin pada pandangan benar dan ajaran benar. Laki2 ini setelah mendengar, merasa dia dulu benar2 telah berbuat salah. sekarang pikiran dan hatinya telah terbuka dan memahami.. Laki2 ini bangkit kembali untuk menjalankan usahanya dengan cara yg benar(jujur)., berbakti pada orangtua, bersumbangsih pada masyarakat, mulai belajar keyakinan yang ] pada ajaran Buddha.
Cerita ini terjadi pada zaman Buddha. Pada zaman dulu, hati manusia sama mempunyai ketamakkan. Dalam hidup kenapa kita mesti sedemikian sibuknya? Dalam belajar ajaran Buddha kita harus mempunyai keyakinan yang benar dan kekuatan keyakinan yang besar oleh sebab itu kita mesti 當生大信力-menumbuhkan kekuatan keyakinan yang besar, karena apa yang Buddha ingin ajarkan adalah extremely profound dan wondrous.
bagi kita 五根五力 5 akar dan kekuatan adalah arah dari semangat kita (giat maju). Dalam belajar Dharma, jika kita kehilangan keyakinan maka kita tidak akan belajar apapun. Jadi sebersit pikiran yg menyimpang, maka bisa mengakibatkan kesalahan seumur hidup, selamanya hidup dalam kesesatan. Namun kekuatan dari keyakinan benar kita genggam dengan baik, we can form great aspirations dan vows, memanfaatkan moment saat ini dan mempertahankannya maka kita akan memahami worldly and world transcending teachings(世 出世法)﹐ 所以人人時時要多用心。
Ringkasan oleh Wismina di Pekanbaru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar